Sabtu, 02 Juni 2012

Cimol, jajanan khas Priangan

Cimol, jajanan khas PrianganCimol jajanan khas Priangan, Konon, cimol ini merupakan singkatan dari “aci digemol” yang dalam Bahasa Sunda artinya adalah tepung kanji/aci yang dibentuk bulat seperti bola-bola kecil.

Rasa cimol mirip banget dengan cireng, kenyal-kenyal gimanaa gitu. Ya namanya juga aci digoreng (cireng), ya pasti sama rasanya dengan aci
digemol (cimol) yang digoreng juga. hehe!

Bedanya cimol dengan cireng adalah penyajiannya. Topping pada cireng, yang biasanya dalam bentuk adonan basah berupa oncom, daging, baso, keju, dll, diisikan di dalam adonan tepung sebelum digoreng. Bahkan ada cireng yang polos begitu saja, yang biasa dijual di tukang gorengan bala-bala dll. Sedangkan cimol disajikan bersama topping yang berupa perasa bubuk, seperti bubuk rasa bawang, keju, pizza, barbeque, dll, dan tidak lupa ditambah cabai bubuk. Yummy!!

Pertama kali saya kenal cimol ini pada waktu saya SMA (lupa waktu kelas berapa). Dengan rasanya yang unik dan harganya yang murah, cimol ini laku keras di daerah sekolah saya. Dan pada saat booming, pedagang cimol tiba-tiba menjamur dimana-mana, di jalanan Bandung dan sekitarnya.

Pada awalnya cimol hanya disajikan dengan dua macam topping, yaitu bubuk rasa gurih (mungkin ini rasa bawang) dan cabai bubuk. Tetapi makin hari pedagang cimol semakin berinovasi dengan memodifikasi topping-nya. Kini, cimol bisa dinikmati dengan rasa barbeque, keju, pizza, bahkan balado. wow!

Yeaa, you know lah ya, gurihnya bubuk topping cimol itu bahan dasarnya apa… Tentu saja semua itu berbahan dasar MSG, vetsin, penyedap rasa, atau apa itu lah namanya, yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kalau dimakan berlebihan. Jadi, kita juga harus hati-hati dalam mengonsumsinya, jangan sampai berlebihan, walaupun cimol ini memang bikin ketagihan dengan rasanya yang gurih enak itu (teman-teman saya sering menyebutnya “rasa bodo” => rasa gurih dari MSG yang bikin bodoh ).

Tetapi lama-kelamaan pedagang yang jual cimol semakin berkurang, dan sekarang saya malah jarang menemukan pedagang cimol di Bandung (kalau dicari gak ada, kalau gak dicari malah nongol). Entah kenapa. Mungkin udah pada bosen kali ya? Atau udah pada sadar akan efek dari MSG? hehehe..

Sudah lama sekali saya tidak makan cimol. Hampir setahun mungkin. Padahal semenjak beberapa bulan lalu saya sudah ngidam makanan ini. Tapi ya itu, kalau sengaja dicari, malah gak nemu si emang tukang cimol!

Jadi ya sudah. Mungkin lebih baik makan makanan bergizi saja (ce ilee).

Nah, suatu hari (padahal baru tadi sore), saya nemu emang jualan cimol. Dimana coba? Di depan kompleks rumah saya! Yippie!

Awalnya saya ngeleos saja lewat, tapi hati tak kuasa menahan hasrat, akhirnya saya mundur lagi nyamperin gerobak si emang cimol (malu-maluin deh). Harganya masih sama, yaitu Rp1000-2000 seporsi, tergantung jumlahnya. Akhirnya saya membeli Rp2000. Walaupun hanya tersedia satu rasa, yaitu rasa bawang (gurih) bersama cabai bubuk, tetapi saya senang. Akhirnya saya makan cimol!

Sesampainya di rumah saya langsung berbuka puasa, daaan langsung dilanjutkan dengan makan cimol (saking tidak tahannya karena sudah hampir ngiler). Mudah-mudahan perut saya tidak kenapa-kenapa.

Ahh, rasa kangen saya sama cimol akhirnya terobati. Saya puas makan sekitar 30 butir cimol beserta bumbunya. Nyam!

Mungkin setelah ini saya tidak akan makan cimol selama beberapa minggu ke depan, atau bahkan sampai setahun lagi?! Tapi siapa tau, kalau tergoda, yahh mau gimana lagi

Cimol ini emang enak. Dan cuma ada di Bandung dan sekitarnya. Cocok banget buat “refreshing” lidah. hehe.

Tapi awas, makannya jangan kebanyakan ya!

Sumber:

http://nostalgia.tabloidnova.com/articles.asp?id=10924

http://akupunmenulis.wordpress.com/2010/05/12/jajanan-serba-ci-khas-bandung/

Gambar:

http://wisata.kompasiana.com/group/jalan-jalan/2010/01/28/uniknya-jajanan-sunda-buhun-zaman-dulubag-i/

http://arifien.multiply.com/reviews/item/15


makanan ringan,snack, cemilan, makanan khas, makanan daerah,makanan oleh oleh,aneka makanan ringan, resep makanan,makanan jawa barat, makanan indonesia,makanan tradisional,makanan priangan

2 komentar:

  1. Isi Artikelnya bagus banget saya sangat menyukai artikel-artikel pada blog anda ini.

    Salam Jabat Tangan Persaudaraan Dari Kami .


    Obat Pembesar Penis

    Obat perangsang

    Obat kuat

    Alat Bantu Sex Pria

    ALAT BANTU SEX

    Alat Bantu sex

    BalasHapus
  2. SELAMAT TAHUN BARU 2014..
    Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
    ==============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan :
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
    ~
    Materi inti Training Pelayanan :
    -. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    -. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    Telpon & HP : 081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
    Info lebih lanjut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~

    BalasHapus

 

Banner link

OBAT LEMAH SYAHWATOBAT KUATDUNIA WANITACara Pria PerkasaEJAKULASI DINIEJAKULASI DINICCTCara Pria PerkasaBLOG ZASMINE-OBJEK WISATA | TEMPAT WISATACARA DAN MANFAATAiRa LoKa - Blog of tutorialsBACKLINK OTOMATIS GRATIS JURAGAN.AUTO BACKLINK.GUDANG HERBALRESEP HERBALbandrek dinar.AUTO BACKLINK.AUTO BACKLINK.SD NEGERI 2 SUKAMERANG.SD NEGERI 2 SUKAMERANG.SD NEGERI 2 SUKAMERANG.SD NEGERI 2 SUKAMERANG.SD NEGERI 2 SUKAMERANG.SD NEGERI 2 SUKAMERANG.SD NEGERI 2 SUKAMERANG.SD NEGERI 2 SUKAMERANG.MINUMAN TRADISIONAL/MINUMAN HERBAL.MPLOD LEWOBACKLINK GARUT.BENEFITS PLANTS.AUTO BACKLINK.AUTO BACKLINK.Florists LinksGUDANG HERBALCARA DAN TIPS.RESEP HERBALbandrek dinar.cemilan khas prianganmakanan khas prianganMinuman bandrekManfaat Dan Kandungan .MINUMAN TRADISIONAL.MINUMAN INDONESIA.MINUMAN SEHAT.RESEP MINUMAN.CARA MENGOBATI

Backlink Teman

OBAT KUAT PRIA TUKAR BACKLINK
Sistema Enlaces Reciprocos

Tukar Backlink

makanan khas priangan

Copyright © Makanan khas priangan | Powered by Blogger